| |
Beban studi dan masa studi yang harus ditempuh mahasiswa program reguler maupun Executive Program (Hybrid / Blended), mengikuti standar yang sudah ditetapkan pemerintah, yaitu : Permendikbudristek Nomor 53 Th 2023 (silakan klik) tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
| | Untuk | Beban Studi (SKS yang ditempuh) | Masa Studi | Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke S1 | Beban Studi = 144 - 152 sks | 8 semester | Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke S1 | Beban Studi = 40 - 46 sks (Bila tidak sebidang ilmu ada Tambahan 2 - 21 sks) | 3 semester | Lulusan D2, S1, D1, Pindahan melanjutkan ke S1 | Dihitung dari sisa sks | Dihitung sisa sks | Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke D-III | Beban Studi = 110 - 114 sks | 6 semester |
Status Mahasiswa, Status Lulusan, Ijazah, Gelar
| Lulusan dan mahasiswa Executive Program (Hybrid / Blended) begitu juga Kelas Reguler Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh memperoleh STATUS, BOBOT / MUTU, serta IJAZAH yg sama. | | Lulusan P2K Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh memperoleh gelar sesuai dng jenjang kuliah formal serta program studi/jurusan/rumpun keilmuannya, serta memperoleh hak mendayagunakan gelarnya dan mempunyai hak utk mempertinggi kuliah formal ke jenjang yang lebih tinggi. | | Ijazah dan Transkrip Akademik (Transkrip Nilai) Executive Program (Hybrid / Blended) dan Kelas Reguler yakni SAMA. Serta pada Ijazah begitu juga Transkrip tersebut, tidak tertulis apakah Lulusan P2K ataukah Lulusan Perkuliahan Reguler. Oleh karena P2K yaitu Kelas Reguler dgn jadwal studi dan peserta studi yg berbeda. |
Sistem Kuliah formal
| Kurikulumnya didisain sedemikian rupa berlandaskan terhadap utk kuliah formal lanjut ke jenjang studi yg lebih tinggi dan dunia kerja; serta tetap berlandaskan KURNAS (Kurikulum Nasional). Bobot / mutu Kurikulumnya selain didisain berlandaskan Sistem Kredit Semester (SKS), bobot / mutu kurikulumnya juga berlandaskan perkembangan ilmu, teknologi, serta seni. | | Lulusan Program S1 dan D3 Executive (Hybrid / Blended) Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh juga ahli aktif berperan-serta pada kelompok kerja; ahli berkomunikasi dgn para pakar pada kategori ilmu yg berlainan dan mempergunakan bantuan mereka; ahli mempergunakan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; ahli memulai rintisan pembentukan unit wirausaha sebagaimana bidang keilmuannya, ahli mengikuti perkembangan baru pada rumpun keilmuannya, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi/jurusan di tingkat lebih lanjut. | | Lulusan Program S1 dan D3 Executive (Hybrid / Blended) Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh dipersiapkan utk menjadi Sarjana (S1) atau Ahli Madya (D3) sebagaimana program studi/jurusannya, yg bisa meningkatkan kepribadiannya dng berbekal ilmu, teknologi, dan seni. Dengan demikian lulusan Program S1 dan D3 Executive (Hybrid / Blended) Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh memperoleh keahlian menyelesaikan permasalahan juga meningkatkan ilmunya. | | Kompetensi lulusannya dalam hal menangani tiap permasalahan, ahli mengungkap struktur dan inti permasalahan dan menetapkan prioritas tahapan-tahapan pemecahannya; mengetahui serta dapat mempergunakan kegunaan teknologi informasi; bisa mempergunakan ilmu; cakap dan terampil sesuai dng rumpun keilmuannya; dapat menyelesaikan permasalahan secara logika, mempergunakan data/informasi yang dimiliki; bisa mendayagunakan konsep-konsep utk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; ahli mandiri di dalam pekerjaan serta berupaya. | | Mahasiswa executive (hybrid / blended) yg tidak lulus suatu mata ajaran (matakuliah), bisa mengulang di periode/tahun berikutnya tanpa dikenakan biaya tambahan. | | Kompetensi dasar lulusan Program S1 dan D3 Executive (Hybrid / Blended) Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh yakni mendapatkan bobot / mutu dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis begitu juga moral; ahli menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu selamanya maju serta berkembang; ahli menelusuri dan memiliki informasi ilmiah; mengetahui cara serta bisa selamanya belajar. | | Di samping berbekal keahlian bekerjasama di dalam tim, Lulusan Executive (Hybrid / Blended) Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh, demikian juga diperlengkapi keahlian utk memahami ilmu terhadap etika, diperlengkapi ilmu, etika akademik serta profesi, keahlian utk mempergunakan teknologi informasi dan komunikasi utk kebutuhannya, keahlian memahami ilmu sebagaimana rumpun keilmuannya, juga berbekal keahlian serta keterampilan utk mengelola tim/organisasi secara menyeluruh pada bidang yang sesuai dng rumpun keilmuannya. | | memperoleh pekerjaan dgn sistem peralihan waktu / sistem shift bukan merupakan suatu penghalang utk mahasiswa executive (hybrid / blended) disebabkan mereka tetap bisa mengikuti proses perkuliahan dng baik. Hal terkait dapat dilakukan karena sistem kuliah formal diselenggarakan dgn keterampilan & kompetensi dengan melakukan perpaduan antara Executive Program (Hybrid / Blended) dan Kelas Reguler, agar mahasiswa yg memperoleh pekerjaan dgn sistem peralihan waktu / sistem shift bisa mengikuti studi di program lainnya dng prosedur tertentu. | | Lulusan Executive Program (Hybrid / Blended) Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh memperoleh keahlian penguasaan teori yang kuat juga terapannya, serta keahlian profesional dan cara pandang yg menyeluruh; meningkatkan sikap mental profesional yg berorientasi pd penanganan jalan keluar permasalahan berlandaskan alur berpikir-sistem; ahli meningkatkan kajian-kajian teoritis konsepsional paling baru; mempunyai keahlian melakukan berbagai penelitian dasar begitu juga terapan. | | Sistem kuliah formalnya diselenggarakan dgn keterampilan & kompetensi dan sangat cocok bagi karyawan yg sibuk dng pekerjaannya begitu juga utk yang belum mempunyai pekerjaan. Di samping kuliah tatap muka di dalam kelas, demikian juga mempergunakan aneka metode efektif melalui tugas person terarah, tugas kelompok yang komunikatif, dan diakhiri dengan bimbingan pengerjaan tugas akhir / skripsi (S1) / proyek akhir (D3) yg terarah, terprogram serta terjadwal agar mahasiswa bisa menuntaskan studi sebagaimana masa studinya. | | Mahasiswa executive (hybrid / blended) diijinkan tidak masuk (absen) di perkuliahan utk beberapa pertemuan dengan melalui prosedur tertentu, jika mahasiswa tersebut sudah mempunyai pekerjaan serta mendapat kerja lembur, atau tugas ke luar kota/negeri, atau kerja dgn sistem peralihan waktu / sistem shift, dng melalui prosedur tertentu. |
|
| |
|